Sabtu, 11 Agustus 2018

Sosialisasi Pentingnya Hidroponik


Mengenalkan Hidroponik Solusi Lahan Kering


Sosialisasi Hidroponik oleh Holida

Madura terkenal dengan lahan kering terutama tegalan. Curah hujan pertahunnya tidak banyak, sedikit mata air dengan 70% tanahnya mediteran kuning dan 15% tanah aluvial. Madura sangat cocok ditanami jagung, singkong dan tembakau. Lahan kering Madura sering menyebabkan petani sulit untuk menanam komoditi selain jagung dan singkong. Padahal pertanian tidak hanya berbatas pada dua komoditi tersebut.

Sayuran menjadi bagian penting dalam kehidupan, setiap manusia. Sayuran bisa didapatkan dengan hidroponik untuk solusi yang lebih praktis. Kendala lahan kering dan sempitnya lahan untuk bercocok tanam bahkan kendala kesibukan bisa diatasi dengan penerapan hidroponik. Sistem ini sangat membantu masyarakat yang ingin bercocok tanam tanpa harus memikirkan lahan.
Kelompok KKN 54 juga ikut berperan dalam mengembangkan sayuran sehat dengan sistem hidroponik terutama bagi masyarakat desa yang jauh dari informasi terkini. Dusun Gurbak, desa Pangongsean, Sampang menjadi salah satu desa yang mendapat kebanggaan menerima sosialisasi sekaligus pelatihan hidroponik. Kegiatan ini dilakukan pada selasa, 31 juli di salah satu sekolah dengan sasaran masyarakat dusun Gurbak. Antusias pada masyarkat patut diacungi jempol mengigat kesibukan yang mereka lakukan.
“ Kami belum tahu tentang hidroponik ini sebelumnya. Ternyata mudah dan tidak usah menyiram tiap hari.” Kata koordinator TK pada KKN 54 saat berlangsungnya sosialisasi dan pelatihan.
“ Hidroponik ini memiliki banyak manfaat diantaranya tidak perlu disiram setiap hari serta tidak menggunakan media tanah. Sehingga bisa dibuat oleh siapa saja walaupun tidak memiliki lahan luas.” Terang pemateri.
Pembimbing lapang, Busro Karim juga sangat mendukung proker unggulan KKN 54. Menurut beliau sosialisasi dan pelatihan hidroponik sangat baik untuk membantu masyarakat desa terutama di pada lahan kering.
Antusias masyarakat juga membuat kami semangat melakukan sosialisasi dan pelatihan. Kegiatan ini dirasa sangat penting untuk mereka yang notabenya petani. Perkembangan teknologi dan informasi juga harus tetap mereka terima mengingat dunia pertanian yang selalu mengalami perkembangan. Yang perlu digaris bawahi bahwa pertanian menjadi bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dari manusia dan keberadaannya selalu mengalami perkembangan.

Terlihat antusiasme dari peserta


Foto besrama kelompok KKN dengan warga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar